SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

 

Saluran pencernaan terdiri dari mulut (oris), tekak (faring), kerongkongan (esofagus), lambung (ventrikulus), usus dua belas jari (duodenum), usus tengah (jejunum), usus halus (ileum), usus kasar (intestinum crasum), dan muara pelepasan (anus).

1. Saluran Pencernaanan

a. Mulut

Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi terbentuk dari tulang gigi (dentin) yang terdiri dari mahkota gigi, leher, dan akar gigi. Gigi manusia terdiri dari tiga jenis, yaitu : gigi seri (memotong makanan), gigi taring (mengoyak makanan), dan gigi geraham (mengunyah makanan).

Di mulut terjadi pencernaan secara kimia dan mekanik. Pencernaan mekanik, yaitu pencernaan yang melibatkan alat dalam mencerna makanan. Pencernaan kimia merupakan pencernaan yang melinbatkan enzim pencernaan.

Di mulut pencernaan dibantu oleh enzim ptialin yang berfungsi memecah amilum menjadi gula maltosa. Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi dan lidah.

b. Lambung

Getah lambung mengandung asam klorida (HCl), enzim pepsin dan renin. HCl berfungsi mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin dan membunuh bakteri yang merugikan. Enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton, sedangkan renin mengendapkan protein susu (kasein).

c. Usus

Ada 3 bagian, yaitu: usus 12 jari (duodenum), usus tengah (jejunum), dan usus halus  (ileum). Terdapat enzim disakarase, lipase, dan erepsin. Enzim disakarase berfungsi mengubah disakarida menjadi monosakarida, sedangkan erepsin dan tripsin memecah pepton menjadi asam amino. Enzim tripsin, amilase, dan lipase dihasilkan oleh pankreas.

d. Usus Besar

Bahan makanan yang telah mengalami pencernaan dan penyerapan di usus halus masuk ke dalam usus besar. Usus besar terdiri dari usus buntu (appendix), bagian yang menaik (ascending colon), bagian mendatar (tranverse colon), bagian yang menurun (descending colon), dan anus. Usus besar berfungsi untuk mengatur kadar air pada sisa makanan. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli yang membantu pembusukan.

2. Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan

  1. Parotitis (penyakit gondong), disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah di bagian bawah telinga, akibatnya kelenjar ludah membengkak.
  2. Xerostomia, mulut kering karena rendahnya produksi air liur.
  3. Tukak lambung/maag, luka pada dinding lambung bagian dalam.
  4. Apendikstis, biasa disebut usus buntu.
  5. Diare.
  6. Konstipasi, disebut juga sembelit.

 

 

Tinggalkan komentar